Motor tua peninggalan perang dunia ke-2 punya keunikan dan histori tersendiri karena sudah berumur diatas 50 tahun, seperti motor BSA buatan Inggris jenis M20 dalam gambar keluaran tahun 1948 sampai kini kondisi masih sehat dapat lari dengan kecepatan diatas 80 km/jam.
Keberadaan motor-motor tua sangat tergantung pada perawatan pemiliknya karena sebagaimana kita ketahui bahwa suku cadang dari kendaraan ini sudah tidak di produksi lagi, satu-satunya cara pemilik kendaraan harus rajin ke tukang bubut untuk membuatkan alat yang rusak tersebut dengan berbagai akal baik itu kita buatkan dengan cor baru atau yang lama di las untuk dimodifikasi atau dapat juga menggunakan sparepart kendaraan lain yang mendekati kesamaannya tinggal kita memilih pada kemudahan yang mana untuk dilaksanakan agar kendaraan kita dapat digunakan.
Contoh: Bila terjadi masalah pada piston untuk piston tentu kita kesulitan mencari piston yang sasli BSA, jadi untuk itu dapat kita akali dengan menggantikan piston BSA M20 500 cc ini dengan piston mobil Toyota HI ACE yang standart atau yang sudah di over size tinggal kita sesuaikan saja dengan ukuran besar selinder bloknya, namun kita harus merubah sedikit pada bos pen piston karena pen piston dari piston HI ACE ini sedikit besar diameternya jadi terpaksa kita harus menipiskan bos pada stang piston asli agar pen piston dapat terpasang di stang piston, sementara untuk top up tidak masalah begitu juga untuk top down.
Untuk menipiskan bos agar dapat pas di pen stang piston dapat kita bubut untuk disesuaikan dengan ukuran pen piston dan untuk ukuran blok dapat juga kita sesuaikan dengan mengkorter agar piston/ seher dapat pas di dalam selinder blok.
Demikian sedikit pengalaman mungkin bermanfaat bagi yang senang dengan MOSIK/ MOTU terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar